Powered by Blogger.

Profil Gede Prama


Profil Gede Prama
Gede Prama adalah seorang gelandangan intelektual, tinggal di Jakarta. Disebut gelandangan, selain karena menjadi intelektual tanpa berafiliasi dengan universitas manapun, juga karena pikiran dan karyanya suka menggelandang ke mana-mana. Tidak ada batas, tidak ada pemisah, tidak ada tembok. Meminjam argumen fisikawan David Bohm, bahwa health berasal dari kata whole. Ini berarti, siapapun yang mau berpikiran sehat, maka siap-siaplah berpikir keseluruhan tanpa batas.
Dengan peta pilosofi seperti itu, maka bisa dimaklumi kalau Gede tidak terlalu suka mengagumi pemikiran manapun secara berlebihan. Kendati lulusan Universitas tekemuka (INSEAD Prancis dan Universitas Lancaster Inggris), ia mengabdikan hidupnya untuk mengembangkan apa yang ia sebut dengan unschooled management. Ini bukan ekspresi kebencian pada sekolah, justru ekspresi 'cinta' pada sekolah. Sebab, dalam kehidupan intelektual, mereka yang berani menghujatlah yang mempersehat sekolah dan universitas.
Kesukaan untuk melanglang buana dalam pemikiran ini, membuatnya lari dari profesi yang berbau sekolah (pernah menjadi dosen MBA di tiga Sekolah Manajemen di Jakarta), untuk kemudian terbang bebas seperti burung elang. Kendati majalah Infobank menyebutnya resi manajemen, Media Indonesia memberinya sebutan Stephen Covey Indonesia, dan Warta Ekonomi meletakkannya sebagai penggagas unschooled management, Gede tetap pada sikap sederhana: pujian maupun makian sama-sama mematikan.
Oleh karena itulah, ia terus belajar merangkul dualisme kehidupan (bahagia-sedih, sukses-gagal,dll) dalam kadar kemesraan yang sama. Seorang kiai di Jawa Timur, menyebut Gede - yang sebenarnya orang Bali beragama Hindu - seorang sufi yang mengisi hidupnya sebagai pembicara publik, penulis dan pimpinan puncak sebuah perusahaan swasta terkemuka.
Kesufian terakhir ia pelajari dari banyak orang dengan latar belakang yang amat beragam dari penyair Kahlil Gibran, fisikawan David Bohm, pemikir Krishnamurti, tokoh postmodern Michel Foucault, penemu Aikido Morihei Ueshiba, dan tentu saja proses meditasinya selama hidup.
Digabung menjadi satu, jadilah ia seorang pemikir bebas dan liar. Banyak orang berpendapat, justru dalam keliaran terakhir inilah letak kekuatan seorang Gede Prama. Ini juga yang membuatnya didaulat oleh banyak perusahaan terkemuka - seperti IBM, HP, Citibank, Astra, Caltex dan ratusan perusahaan terkemuka lainnya - sebagai konsultan manajemen sekaligus pembicara publik yang mencerahkan. 
Tag : Gede Prama
0 Komentar untuk "Profil Gede Prama"

Bawah slider

Back To Top